SILABUS
Nama Sekolah : SMA
Mata Pelajaran : KIMIA
Kelas/Semester : XII/2
Standar Kompetensi : 3. Memahami karakteristik unsur-unsur penting,
kegunaan dan bahayanya, serta terdapatnya di alam
Alokas Waktu : 30 jam ( 4 jam untuk UH)
Kompetensi dasar | Materi Pembelajaran | Kegiatan Pembelajaran | Indikator | Penilaian | Alokasi Waktu | Sumber/ bahan/alat |
3.1 Mengidentifikasi kelimpahan unsur-unsur utama dan transisi di alam dan produk yang mengandung unsur tersebut | · Unsur-unsur golongan utama dan transisi | § Membuat daftar (tabel) keberadaan unsur-unsur dan produk yang mengandung unsur unsur gas mulia, halogen, alkali, alkali tanah, aluminium, karbon, silikon, belerang, krom, tembaga, seng, besi, oksigen dan nitrogen secara individu di rumah dan dipresentasikan (Pembahasan lebih di tekankan pada unsur-unsur atau senyawanya yang di hasilkan oleh daerah bersangkutan) | § Mengidentifikasi keberadaan unsur-unsur yang ada di alam terutama di Indonesia (gas mulia, halogen, alkali, alkali tanah, aluminium, karbon, silikon, belerang, krom, tembaga, seng, besi, oksigen dan nitrogen) § Mengidentifikasi produk-produk yang mengandung zat tersebut | § Jenis tagihan Tugas individu Kuis Ulangan harian § Bentuk instrumen laporan tertulis, Tes tertulis | 2 jam | § Sumber Buku kimia internet § Bahan Lembar kerja, LCD, komputer |
3.2.Mendeskripsikan kecenderungan sifat fisik dan kimia unsur utama dan unsur transisi (titik didih, titik leleh, kekerasan, warna, kelarutan, kereaktifan, dan sifat khusus lainnya) | · Sifat fisik dan sifat kimia unsur | § Melalui diskusi kelas dan pengamatan mengidentifikasi sifat-sifat fisik dan sifat kimia unsur utama dan unsur transisi (titik didih, titik leleh, kekerasan, warna, kelarutan, kereaktifan, dan sifat khusus lainnya) § Demonstrasi reaksi logam Natrium dalam air (dilakukan oleh gurudengan hati-hati) § Merancang dan melakukan percobaan untuk mengidentifikasi daya pengoksidasi halogen dan daya pereduksi halida dalam kerja kelompok di laboratorium § Menyimpulkan daya pengoksidasi halogen dan daya pereduksi halida § Merancang dan melakukan percobaan untuk mengidentifikasi reaksi nyala senyawa logam (terutama alkali dan alkali tanah) dalam kerja kelompok di laboratorium § Merancang dan melakukan percobaan untuk mengidentifikasi keteraturan sifat unsur-unsur periode ke tiga dalam kerja kelompok di laboratorium § Merancang dan melakukan percobaan untuk menyelidiki dan menghilangkan kesadahan air dalam kerja kelompok di laboratorium § Menyimpulkan keteraturan sifat fisik dan sifat kimia unsur periode ke tiga. | § Mengidentifikasi sifat-sifat fisik unsur utama dan unsur transisi (titik didih, titik leleh, kekerasan, warna, kelarutan, dan sifat khusus lainnya) § Mengidentifikasi sifat-sifat kimia (kereaktifan, kelarutan) melalui percobaan § Mengidentifikasi daya pengoksidasi halogen dan daya pereduksi halida melalui percobaan § Mengidentifikasi reaksi nyala senyawa logam (terutama alkali dan alkali tanah) melalui percobaan § Mengidentifikasi keteraturan sifat fisik dan sifat kimia unsur-unsur periode ke tiga melalui percobaan § Menjelaskan cara menghilangkan kesadahan air melalui percobaan | § Jenis tagihan Tugas individu Kuis Tugas kelompok Ulangan § Bentuk instrumen Performans (kinerja dan sikap) , laporan tertulis, Tes tertulis | 16 jam | § Sumber Buku kimia § Bahan Lembar kerja, Bahan/alat untuk praktek |
3.3.Menjelaskan manfaat, dampak dan proses pembuatan unsur-unsur dan senyawanya dalam kehidupan sehari-hari | § Manfaat dan dampak unsur-unsur dalam kehidupan sehari-hari dan industri | § Membuat daftar (tabel) tentang manfaat dan dampak unsur unsur seperti gas mulia, halogen, alkali, alkali tanah, aluminium, karbon, silikon, belerang, krom, tembaga, seng, besi, oksigen dan nitrogen secara individu di rumah dan dipresentasikan (bahan presentasi sebaiknya membahas tentang manfaat dan dampak dari unsur-unsur atau senyawa yang diproduksi daerah bersangkutan) § Menjelaskan pembuatan unsur dan senyawa di laboratorium dan industri (misalnya H2SO4, N2, Fe, Al, NH3 dan O2) melalui diskusi kelas § Menganalisis dan menentukan komposisi unsur dalam pupuk melalui diskusi kelas | § Menjelaskan manfaat dan dampak unsur-unsur (seperti gas mulia, halogen, alkali, alkali tanah, aluminium, karbon, silikon, belerang, krom, tembaga, seng, besi, oksigen dan nitrogen) serta senyawanya dalam kehidupan sehari-hari dan industri. § Menjelaskan pembuatan unsur dan senyawanya di laboratorium dan industri (misalnya H2SO4, N2, Fe, Al, NH3 dan O2) § Menentukan komposisi unsur dalam pupuk | § Jenis tagihan Tugas individu Kuis Ulangan § Bentuk instrumen laporan tertulis, Tes tertulis | 4 jam | § Sumber Buku kimia internet § Bahan Lembar kerja, LCD, komputer |
3.4.Mendeskripsikan unsur-unsur radioaktif dari segi sifat-sifat fisik dan sifat-sifat kimia, kegunaan, dan bahayanya | § Penemuan sinar radioaktif § Sifat sinar radioaktif § Persamaan reaksi inti § Kegunaan unsur radioaktif § Bahaya sinar radioaktif | § Mengkaji sifat-sifat fisik dan sifat-sifat kimia, kegunaan, dan bahaya unsur-unsur radioaktif melalui diskusi kelas dan dipresentasikan | § Mendeskripsikan penemuan sinar radioaktif § Mengidentifikasi sifat-sifat sinar radioaktif § Menentukan pita kestabilan inti § Menuliskan persamaan reaksi inti § Mendeskripsikan kegunaan unsur-unsur radioaktif § Mendeskripsikan bahaya unsur-unsur radioaktif | § Jenis tagihan Tugas kelompok Kuis Ulangan § Bentuk instrumen laporan tertulis, Tes tertulis | 4 jam | § Sumber Buku kimia internet § Bahan Lembar kerja, LCD, komputer |
0 komentar:
Posting Komentar