I made this widget at MyFlashFetish.com.

Halaman

Minggu, 12 Juni 2011


RENCANA  PELAKSANAAN  PEMBELAJARAN
KIMIA UNSUR-1
Mata Pelajaran            :  Kimia
Kelas / Semester          :  XII IPA / 1
Standar Kompetensi   :  3.      Memahami karakteristik unsur-unsur penting, kegunaan dan                                          bahayanya, serta terdapatnya di alam.
Kompetensi dasar       :  3.1.   Mengidentifikasi kelimpahan unsur-unsur utama dan transisi                                        di alam dan produk yang mengandung unsur tersebut
Indikator: 
  1. Mengidentifikasi keberadaan unsur-unsur yang ada di alam terutama di Indonesia ( gas mulia, halogen, alkali, alkali tanah, aluminium, karbon, silikon, belerang, krom, tembaga, seng, besi, oksigen dan nitrogen.
  2. Mengidentifikasi produk-produk yang mengandung zat tersebut
Tujuan:
Siswa dapat,
1.      Mengidentifikasi keberadaan unsur-unsur yang ada di alam terutama di Indonesia ( gas mulia, halogen, alkali, alkali tanah, aluminium, karbon, silikon, belerang, krom, tembaga, seng, besi, oksigen dan nitrogen.
2.      Mengidentifikasi produk-produk yang mengandung unsur tersebut
Materi Ajar : 
o   Kelimpahan unsur-unsur di alam.
o   Produk yang mengandung unsur teretentu.
Metode pendekatan:
  • Penyampaian informasi
  • Diskusi
  • Penugasan
Alokasi Waktu
o   2 Jam Pelajaran
Skenario Pembelajaran
Kegiatan awal (15 menit)
o   Salam pembuka
o   Memeriksa kehadiran siswa
o   Memeriksa PR, mencatat siswa yang tidak mengerjakan.
o   Apersepsi / motivasi (ada pada LKS)
Kegiatan Inti (80 menit)
o   Presentasi siswa tentang kelimpahan unsur-unsur di alam, sesuai dengan LKS 3.1 (40 menit)
o   Presentasi siswa tentang produk yang mengandung unsur tertentu, sesuai dengan LKS 3.2 (40 menit)
Kegiatan Akhir (5 menit)
o   Menyimpulkan kelimpahan unsur di alam, khusunya di Indonesia.
o   Memberi tugas untuk pertemuan berikutnya (Mempelajari LKS 3.2)
Alat / Bahan / Sumber Belajar : 
      Buku Kimia; LKS, multimedia, internet.
Penilaian:
PPK               :  KIM-3120MP
Sikap/Minat   :  KIM-3121MP

                                                                                                ...............,...................
Mengetahui
Kepala SMA/MA                                                                  Guru Mata Pelajaran



...........................                                                                     ...................................
NIP./NIK.                                                                               NIP./NIK






















RENCANA  PELAKSANAAN  PEMBELAJARAN
KIMIA UNSUR – 2
(SIFAT FISIKA DAN SIFAT KIMIA UNSUR GOLONGAN UTAMA DAN TRANSISI)
Mata Pelajaran            :  Kimia
Kelas / Semester          :  XII IPA / 1
Standar Kompetensi   :  3.      Memahami karakteristik unsur-unsur penting, kegunaan dan                                          bahayanya, serta terdapatnya di alam.
Kompetensi dasar       :  3.2    Mendeskripsikan kecenderungan sifat fisik dan kimia unsur                                         utama dan  unsur transisi (titik didih, titik leleh, kekerasan,                                                  warna,  kelarutan, kereaktifan, dan sifat khusus lainnya.
Indikator: 
1.      Mengidentifikasi sifat-sifat fisik unsur utama dan unsur transisi ( titik didih, titik leleh, kekerasan, warna, kelarutan dan sifat khusus lainnya
2.      Mengidentifikasi sifat-sifat kimia ( kereaktifan, kelarutan) melalui percobaan
3.      Mengidentifikasi daya pengoksidasi halogen dan daya pereduksi halida melalui percobaan.
4.      Mengidentifikasi reaksi nyala senyawa logam ( terutama alkali dan alkali tanah ) melalui percobaan
5.      Mengidentifikasi keteraturan sifat fisik dan sifat kimia unsur-unsur periode ke tiga melalui percobaan
Tujuan:
Siswa dapat,
1.      Mengidentifikasi sifat-sifat fisik unsur utama dan unsur transisi ( titik didih, titik leleh, kekerasan, warna, kelarutan dan sifat khusus lainnya
2.      Mengidentifikasi sifat-sifat kimia ( kereaktifan, kelarutan) melalui percobaan
3.      Mengidentifikasi daya pengoksidasi halogen dan daya pereduksi halida melalui percobaan.
4.      Mengidentifikasi reaksi nyala senyawa logam ( terutama alkali dan alkali tanah ) melalui percobaan
5.      Mengidentifikasi keteraturan sifat fisik dan sifat kimia unsur-unsur periode ke tiga melalui percobaan
Materi Ajar : 
o   Sifat-sifat fifik unsur-unsur golongan utama dan transisi.
Metode pendekatan:
  • Penyampaian informasi
  • Diskusi
  • Penugasan
  • Presentasi
Alokasi Waktu
o   16 Jam Pelajaran
Skenario Pembelajaran
Pertemuan Pertama: (2 jam pelajaran)
Materi ajar:
o   Sifat-sifat fisik dan sifat kimia gas mulia (40 menit)
o   Sifat-sifat fisik dan sifat kimia halogen (40 menit)
Kegiatan awal (5 menit)
o   Salam pembuka
o   Memeriksa kehadiran siswa
o   Memeriksa PR, mencatat siswa yang tidak mengerjakan.
o   Apersepsi / motivasi (ada pada LKS)
Kegiatan Inti (80 menit)
o   Membahas sifat-sifat gas mulia melalui diskusi kelas sesuai dengan LKS 3.2.  atau presentasi siswa.
o   Membahas sifat-sifat halogen melalui diskusi kelas sesuai dengan LKS 3.3.  atau presentasi siswa.
Kegiatan Akhir (5 menit)
o   Menyimpulkan sifat utama gas mulia dan halogen.
o   Memberi tugas untuk pertemuan berikutnya, yaitu mempelajari LKS 3.4 dan 3.5.
Pertemuan Kedua: (2 jam pelajaran)
Materi Ajar:
o   Tekanan uap larutan
Kegiatan awal (5 menit)
o   Salam pembuka
o   Memeriksa kehadiran siswa.
o   Memeriksa PR sepintas, mencatat siswa yang tidak membuat PR.
Kegiatan Inti (80 menit)
o   Membahas PR (Latihan 1.1) (30 menit)
o   Membahas tekana uap larutan sesuai dengan LKS 1.3 dalam diskusi kelas.
Kegiatan Akhir (5 menit)
o   Menyimpulkan tekanan uaplarutan
o   Mrengingatkan siswa untuk mengerjakan soal uji kompetensi.
o   Mengingatkan siswa untuk ulangan pada pertemuan berikutnya
Pertemuan Ketiga: (2 jam pelajaran)
Kegiatan awal (5 menit)
o   Salam pembuka
o   Memeriksa kehadiran siswa.
o   Memeriksa PR, mencatat siswa yang tidak mengerjakan.
Kegiatan Inti (80 menit)
o   Membahas soal uji kompetensi (10 menit)
o   Ulangan 50 menit
o   Membahas soal ulangan 10 menit
o   Membahas pelajaran berikutnya (10 menit)
Kegiatan Akhir (5 menit)
o   Menyampaikan tugas untuk pertemuan berikutnya, yaitu LKS 1.3.
Alat / Bahan / Sumber Belajar         : 
      Buku Kimia; LKS, multimedia.
Penilaian:
PPK               :  KIM-3120MP
Sikap/Minat   :  KIM-3121MP

                                                                                                ...............,...................
Mengetahui
Kepala SMA/MA                                                                  Guru Mata Pelajaran



...........................                                                                     ...................................
NIP./NIK.                                                                               NIP./NIK


0 komentar:

Posting Komentar

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites