RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
KIMIA UNSUR-1
Mata Pelajaran : Kimia
Kelas / Semester : XII IPA / 1
Standar Kompetensi : 3. Memahami karakteristik unsur-unsur penting, kegunaan dan bahayanya, serta terdapatnya di alam.
Kompetensi dasar : 3.1. Mengidentifikasi kelimpahan unsur-unsur utama dan transisi di alam dan produk yang mengandung unsur tersebut
Indikator:
- Mengidentifikasi keberadaan unsur-unsur yang ada di alam terutama di Indonesia ( gas mulia, halogen, alkali, alkali tanah, aluminium, karbon, silikon, belerang, krom, tembaga, seng, besi, oksigen dan nitrogen.
- Mengidentifikasi produk-produk yang mengandung zat tersebut
Tujuan:
Siswa dapat,
1. Mengidentifikasi keberadaan unsur-unsur yang ada di alam terutama di Indonesia ( gas mulia, halogen, alkali, alkali tanah, aluminium, karbon, silikon, belerang, krom, tembaga, seng, besi, oksigen dan nitrogen.
2. Mengidentifikasi produk-produk yang mengandung unsur tersebut
Materi Ajar :
o Kelimpahan unsur-unsur di alam.
o Produk yang mengandung unsur teretentu.
Metode pendekatan:
- Penyampaian informasi
- Diskusi
- Penugasan
Alokasi Waktu
o 2 Jam Pelajaran
Skenario Pembelajaran
Kegiatan awal (15 menit)
o Salam pembuka
o Memeriksa kehadiran siswa
o Memeriksa PR, mencatat siswa yang tidak mengerjakan.
o Apersepsi / motivasi (ada pada LKS)
Kegiatan Inti (80 menit)
o Presentasi siswa tentang kelimpahan unsur-unsur di alam, sesuai dengan LKS 3.1 (40 menit)
o Presentasi siswa tentang produk yang mengandung unsur tertentu, sesuai dengan LKS 3.2 (40 menit)
Kegiatan Akhir (5 menit)
o Menyimpulkan kelimpahan unsur di alam, khusunya di Indonesia.
o Memberi tugas untuk pertemuan berikutnya (Mempelajari LKS 3.2)
Alat / Bahan / Sumber Belajar :
Buku Kimia; LKS, multimedia, internet.
Penilaian:
PPK : KIM-3120MP
Sikap/Minat : KIM-3121MP
...............,...................
Mengetahui
Kepala SMA/MA Guru Mata Pelajaran
........................... ...................................
NIP./NIK. NIP./NIK
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
KIMIA UNSUR – 2
(SIFAT FISIKA DAN SIFAT KIMIA UNSUR GOLONGAN UTAMA DAN TRANSISI)
Mata Pelajaran : Kimia
Kelas / Semester : XII IPA / 1
Standar Kompetensi : 3. Memahami karakteristik unsur-unsur penting, kegunaan dan bahayanya, serta terdapatnya di alam.
Kompetensi dasar : 3.2 Mendeskripsikan kecenderungan sifat fisik dan kimia unsur utama dan unsur transisi (titik didih, titik leleh, kekerasan, warna, kelarutan, kereaktifan, dan sifat khusus lainnya.
Indikator:
1. Mengidentifikasi sifat-sifat fisik unsur utama dan unsur transisi ( titik didih, titik leleh, kekerasan, warna, kelarutan dan sifat khusus lainnya
2. Mengidentifikasi sifat-sifat kimia ( kereaktifan, kelarutan) melalui percobaan
3. Mengidentifikasi daya pengoksidasi halogen dan daya pereduksi halida melalui percobaan.
4. Mengidentifikasi reaksi nyala senyawa logam ( terutama alkali dan alkali tanah ) melalui percobaan
5. Mengidentifikasi keteraturan sifat fisik dan sifat kimia unsur-unsur periode ke tiga melalui percobaan
Tujuan:
Siswa dapat,
1. Mengidentifikasi sifat-sifat fisik unsur utama dan unsur transisi ( titik didih, titik leleh, kekerasan, warna, kelarutan dan sifat khusus lainnya
2. Mengidentifikasi sifat-sifat kimia ( kereaktifan, kelarutan) melalui percobaan
3. Mengidentifikasi daya pengoksidasi halogen dan daya pereduksi halida melalui percobaan.
4. Mengidentifikasi reaksi nyala senyawa logam ( terutama alkali dan alkali tanah ) melalui percobaan
5. Mengidentifikasi keteraturan sifat fisik dan sifat kimia unsur-unsur periode ke tiga melalui percobaan
Materi Ajar :
o Sifat-sifat fifik unsur-unsur golongan utama dan transisi.
Metode pendekatan:
- Penyampaian informasi
- Diskusi
- Penugasan
- Presentasi
Alokasi Waktu
o 16 Jam Pelajaran
Skenario Pembelajaran
Pertemuan Pertama: (2 jam pelajaran)
Materi ajar:
o Sifat-sifat fisik dan sifat kimia gas mulia (40 menit)
o Sifat-sifat fisik dan sifat kimia halogen (40 menit)
Kegiatan awal (5 menit)
o Salam pembuka
o Memeriksa kehadiran siswa
o Memeriksa PR, mencatat siswa yang tidak mengerjakan.
o Apersepsi / motivasi (ada pada LKS)
Kegiatan Inti (80 menit)
o Membahas sifat-sifat gas mulia melalui diskusi kelas sesuai dengan LKS 3.2. atau presentasi siswa.
o Membahas sifat-sifat halogen melalui diskusi kelas sesuai dengan LKS 3.3. atau presentasi siswa.
Kegiatan Akhir (5 menit)
o Menyimpulkan sifat utama gas mulia dan halogen.
o Memberi tugas untuk pertemuan berikutnya, yaitu mempelajari LKS 3.4 dan 3.5.
Pertemuan Kedua: (2 jam pelajaran)
Materi Ajar:
o Tekanan uap larutan
Kegiatan awal (5 menit)
o Salam pembuka
o Memeriksa kehadiran siswa.
o Memeriksa PR sepintas, mencatat siswa yang tidak membuat PR.
Kegiatan Inti (80 menit)
o Membahas PR (Latihan 1.1) (30 menit)
o Membahas tekana uap larutan sesuai dengan LKS 1.3 dalam diskusi kelas.
Kegiatan Akhir (5 menit)
o Menyimpulkan tekanan uaplarutan
o Mrengingatkan siswa untuk mengerjakan soal uji kompetensi.
o Mengingatkan siswa untuk ulangan pada pertemuan berikutnya
Pertemuan Ketiga: (2 jam pelajaran)
Kegiatan awal (5 menit)
o Salam pembuka
o Memeriksa kehadiran siswa.
o Memeriksa PR, mencatat siswa yang tidak mengerjakan.
Kegiatan Inti (80 menit)
o Membahas soal uji kompetensi (10 menit)
o Ulangan 50 menit
o Membahas soal ulangan 10 menit
o Membahas pelajaran berikutnya (10 menit)
Kegiatan Akhir (5 menit)
o Menyampaikan tugas untuk pertemuan berikutnya, yaitu LKS 1.3.
Alat / Bahan / Sumber Belajar :
Buku Kimia; LKS, multimedia.
Penilaian:
PPK : KIM-3120MP
Sikap/Minat : KIM-3121MP
...............,...................
Mengetahui
Kepala SMA/MA Guru Mata Pelajaran
........................... ...................................
NIP./NIK. NIP./NIK
0 komentar:
Posting Komentar